Pengenalan Mode Pengalamatan Pada Komputer

Pengenalan Mode Pengalamatan Pada Komputer,- Mode pengalamatan adalah bagaimana cara menunjuk dan mengalamati suatu lokasi memori pada sebuah alamat dimana operand akan diambil. Mode pengalamatan ditetapkan pada set intruksi, dimana pada umumnya intruksi terdiri dari opcode (kode operasi) dan alamat. Setiap mode pengalamatan memberikan fleksibilitas khusus yang sangat penting. Mode pengalamatan ini meliputi direct addressing, indirect addressing, dan immediate addressing.


1.  Direct Addressing
     Dalam mode pengalamatan direct addressing, harga yang akan dipakai diambil langsung dalam alamat memori lain. Contohnya : MOV A,30h. Dalam intruksi ini akan dibaca data dari RAM internal dengan alamat 30h dan kemudian disimpan dalam akumulator. Mode pengalamatan ini cukup cepat, meskipun harga yang didapat tidak langsung seperti immediate, namun cukup cepat karena disimpan dalam RAM internal. Demikian pula akan lebih mudah menggunakan mode ini dari pada mode immediate karena harga yang didapat bisa dari lokasi memori yang mungkin variabel.

Kelebihan dan kekurangan dari Direct Addressing antari lain :
  • Kelebihan : Field alamat berisi efektif address sebuah operand.
  • Kelemahan : Keterbatasan field alamat karena panjang field alamat biasanya lebih kecil dibandingkan panjang word.

2.  Indirect Addressing
     Mode pengalamatan indirect addressing sangat berguna karena dapat memberikan fleksibilitas tinggi dalam mengalamati suatu harga. Mode ini pula satu-satunya cara untuk mengakses 128byte lebih dari RAM internal pada keluarga 8052. Contoh : MOV A,@R0. Dalam intruksi tersebut , 89C51 akan mengambil harga yang berada pada alamat memori yang ditunjukan oleh isi dari R0 dan kemudian mengisikannya ke akumulator. Mode pengalamatan indirect addressing selalu merujuk pada RAM internal dan tidak pernah merujuk pada SFR. Karena itu, menggunakan mode ini untuk mengalamati alamat lebih dari 75Fh hanya digunakan untuk ke;uarga 8052 yang memeliki 256 byte RAM internal.

Kelebihan dan kekurangan dari indirect Addressing antara lain :
  • Kelebihan : Ruang bagi alamat menjadi besar sehingga semakin banyak alamat yang dapat referensi.
  • Kekurangan : Diperlukan referensi memori ganda dalam satu fetch sehingga memperlambat proses operasi.

3.  Immediate Addressing
     Mode pengalamatan immediate addressing sangat umum dipakai karena harga yang akan disimpan dalam memori langsung mengikuti kode operasi dalam memori. Dengan kata lain, tidak diperlukan pengambilan harga dari alamat lain untuk di simpan. Contohnya : MOV A,#20h. Dalam intruksi tersebut, akumulator akan diisi dengan harga yang langsung mengikuti nya, dalam hal ini 20h. Mode ini sangatlah cepat karena harga yang dipakai langsung tersedia.

Kelebihan dan kekurangan dari Immediate Addressing antara lain :
  • Keuntungan : Tidak adanya referensi memori selain dari intruksi yang diperlukan untuk memperoleh operand dan menghemat siklus intruksi sehingga proses keseluruhan akan cepat.
  • Kekurangan : Ukuran bilangan dibatasi oleh ukuran field alamat

Terima kasih anda telah mengunjungi situs kami,- Info Seputar Jaringan Komputer
 Semoga bermanfaat :)

1 Response to "Pengenalan Mode Pengalamatan Pada Komputer"