Mengenal PASCAL (Bahasa Pemograman)

Mengenal PASCAL (Bahasa Pemograman),- Bahasa PASCAL pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh Niclaus Wirth di Technical University, Zurich - Swiss. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaitu Blaise Pascal yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama didunia pada abad ke-17. Bahasa pemograman ini termasuk kategori "High Lever Language". Intruksi-intruksi yang digunakan dalam bahasa pemograman ini sangat sistematis dan terstruktur.

Pada awalnya bahasa pemograman Pascal diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemograman komputer. Ternyata dalam waktu singkat, bahasa pemograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas. Keunggulan bahasa ini terletak pada kemudahannya untuk di pelajari dan adanya dukungan fungsi-fungsi matematika yang sangat lengkap.



Struktur Program Pascal

Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program, bagian deklarasi dan bagian pernyataan (statement).
Judul program sifatnya adalah optional, dan bila ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma. Bagian deklarasi digunakan bila di dalam program digunakan pengenal (indentifier). Kalau suatu program menggunakan identifier, Pascal menurut supaya identifier tersebut diperkenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini.

Struktur Minimal Program
begin
         statement;
end.

Struktur Lengkap (umum) Program

(* Judul Program)
Program Nama_Program;
 {penjelasan tentang program, yang berisi uraian singkat mengenai apa yang dilakukan program}
  
(* Bagian Deklarasi)
Uses
  { semua unit yang digunakan didefinisikan disini}
Label
  { semua label yang digunakan didefinisikan dinisi}
const
  { semua nama konstanta dan harganya didefinisikan disini}
type
  { semua nama tipe bentukan didefinisikan disini}
var
{semua nama variabel global ditulis disini}

{ deklarasi prosedur dan fungsi ditulis disini}

(* Bagian Deskripsi / Statement*)
begin
         Statement1;
         Statement2;
         ...
         Statement;
         { semua intruksi program dituliskan disini}
end.

Secara umum, program akan menerima masukan(input) dari piranti masukan, melakukan sebuah proses tertentu, dan menghasilkan keluaran(output) ke piranti keluaran. Berikut adalah contoh program dengan menggunakan bahasa Pascal. Untuk contoh di bawah ini, program tidak menerima masukan, dan juga tidak melakukan proses tertentu, tetapi hanya menghasilkan keluaran yaitu menampilkan sekumpulan karakter(string) di layar.

Beberapa aturan dalam program pascal :
  • Akhir sebuah program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) setelah END yang paling akhir.
  • Tanda titik koma (;) merupakan pemisah antar intruksi satu dengan lainnya.
  • Beberapa statement boleh ditulis menjadi satu baris dipisahkan dengan tanda baca titik koma (;)
  • Baris komentar diletakan diantara tanda (* dan *) atau diantara tanda { dan } sehingga setiap kali program dijalankan, maka seluruh teks yang berada dalam tanda tersebut tidak akan terbaca atau dikomposisi.

Terima kasih anda telah mengunjungi situs kami,- Info Seputar Jaringan Komputer
 Semoga bermanfaat :) 

0 Response to "Mengenal PASCAL (Bahasa Pemograman)"

Post a Comment